Categories
Berita

9 Guru Besar UNS Ramaikan Pemilihan Rektor UNS 2023-2028

Sejak Senin, 3 Oktober 2022 hingga Senin, 10 Oktober 2022 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membuka pendaftaran bakal calon rektor periode 2023-2028. Proses pemilihan bakal calon rektor UNS ini disambut antusias, terbukti dengan banyaknya pendaftar yang secara resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon rektor. Total bakal calon rektor tersebut mencapai 9 Guru Besar Universitas Sebelas Maret (UNS) diantaranya;

  1. Prof. Samanhudi selaku Dekan Fakultas Pertanian UNS.
  2. Prof. Hartono selaku Direktur Rumah Sakit UNS.
  3. Prof. Kuncoro Diharjo selaku Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS.
  4. Prof. Reviono selaku Dekan Fakultas Kedokteran UNS.
  5. Prof. Sajidan selaku Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi UNS.
  6. Prof. Venty Suryanti selaku Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNS.
  7. Prof. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani selaku Dekan Fakultas Hukum UNS.
  8. Prof. Bandi selaku Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia UNS.
  9. Prof. Irwan Trinugroho selaku Direktur Direktorat Kerjasama, Pengembangan dan Internasionalisasi UNS.

Dr. Agus Riswanto selaku Ketua Tim Teknis Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) UNS, mengatakan bahwa pendaftaran dilakukan secara luring dengan datang ke Sekretariat P3CR di Ruang Jodhipati yang berada di Lantai 2 Gedung UNS Inn dan daring melalui laman https://p3cr.uns.ac.id/pendaftaran.

Dr. Agus Riswanto menyampaikan, “Hingga batas akhir waktu pendaftaran, ada sembilan pendaftar. Para pendaftar ini kami beri waktu untuk mengumpulkan berkas pendaftaran hingga Selasa (11/10/2022) pukul 19.00 WIB,” .

Sembilan pendaftar bakal calon rektor tersebut, semuanya berasal dari dalam UNS. Setelah selesai pengumpulan berkas, tahapan selanjutnya verifikasi kelengkapan persyaratan pendaftar bakal calon Rektor UNS yang diagendakan pada tanggal 12-14 Oktober 2022. Sedangkan bagi bakal calon rektor UNS yang lolos verifikasi, diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misinya dalam forum panel I pada tanggal 16-17 Oktober 2022.

Pasca penyampaian visi dan misi bakal calon rektor, selanjutnya Majelis Wali Amanat (MWA) UNS menetapkan 3 calon rektor UNS pada tanggal 20 Oktober 2022. Setelah itu dilakukan panel ke-2 untuk memberikan kesempatan kepada ketiga calon rektor UNS memaparkan visi dan misinya yang diagendakan dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 2022. Setelah itu, pada tanggal 11 November 2022 MWA akan menggelar rapat pleno dengan agenda pemilihan Rektor UNS periode 2023-2028. Sedangkan pelantikan dan pengambilan sumpah Rektor UNS terpilih dijadwalkan pada tanggal 10-11 April 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *