Categories
Ekonomi

Bimtek SIKP Upaya Optimalkan Penyakuran KUR Pasca Pandemi

Dalam rangka menyongsong bangkitnya perekonomian pasca pandemic covid-19, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah bersinergi dengan Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah menyelenggarakan acara Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kredit Usaha Rakyat (KUR). Bimtek aplikasi ini dilaksanakan pada hari Kamis, 25 Agustus 2022 mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB dengan peserta para operator SIKP KUR Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Acara dilaksanakan di Aula Gedung Keuangan Negara Semarang I lt.4 dan merupakan rangkaian acara lanjutan koordinasi penyaluran KUR di wilayah Provinsi Jawa Tengah yang sebelumnya dilaksanakan oleh Biro Perekonomian Provinsi Jawa Tengah.

Acara Bimtek Aplikasi SIKP KUR ini dibuka secara langsung oleh Kepala Bidang Supervisi KPPN dan Kepatuhan Internal, Ibu Jumiarsih, karena agenda acara bersamaan dengan kunjungan wakil Menteri Keuangan dan rapat internal antar unit eselon I Kemenkeu yang dilaksanakan di Yogyakarta. Dalam sambutannya, Ibu Jumiarsih menyampaikan tentang pentingnya KUR dimasa pemulihan pasca pandemic covid-19 ini, sehingga momentum ini jangan sampai terlewatkan dengan cara sinergi antar stakeholder yang berkaitan dengan pengelolaan KUR ini. Harapannya, para pelaku usaha dapat semakin berkembang usahanya dengan dukungan pembiayaan yang berasal dari pembiayaan KUR ini, dan pertumbuhan ekonomi khususnya di Jawa Tengah dapat melaju pesat, mengingat Jawa Tengah memegang peran penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Selanjutnya paparan materi tentang perkembangan penyaluran kredit program di Jawa Tengah, baik itu Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun Ultra Mikro (UMi). Sesi paparan kali ini disampaikan oleh Bapak Dwi Susilo Purnomo, Kepala Seksi Bidang PPA IIC. Dalam paparannya disampaikan bahwa penyaluran KUR di Jawa Tengah sampai dengan tanggal 23 Agustus 2022 mencapai 41,48 triliun untuk 1.058.163 debitur, dengan jumlah nominal penyaluran terbanyak berada di wilayah Kabupaten Pati yaitu sebesar Rp2,41 triliun, sedangkan jumlah debitur terbanyak berada di wilayah Kabupaten Brebes yaitu sebanyak 65.234 debitur.

Data jumlah penyaluran kredit Ultra Mikro (UMi) per tanggal 23 Agustus 2022 mencapai Rp481,07 miliar untuk 127.391 debitur, dengan jumlah nominal penyaluran terbanyak berada di wilayah Kabupaten Brebes yaitu sebesar Rp35,41 miliar, demikian pula dengan jumlah debitur terbanyak berada di wilayah Kabupaten Brebes yaitu sebanyak 8.964 debitur.

Acara berikutnya merupakan acara inti yaitu input data calon debitur potensial di aplikasi SIKP yang disampaikan oleh Suparjito dan Nur Alam. Berdasarkan testimoni dari para operator SIKP diketahui bahwa selama ini para operator SIKP melakukan input data secara manual satu per satu calon data debitur. Hal ini tidak menjadi kendala ketika calon data debitur potensial hanya berjumlah puluhan saja, namun akan membutuhkan effort yang sangat berat jika jumlah calon debitur potensial mencapai angka ratusan hingga ribuan. Maka dalam pelaksanaan acara Bimtek Aplikasi SIKP kali ini difokuskan pada input data calon debitur secara bersamaan, yang mana sekali proses dapat terinput data calon debitur sebanyak 100 data.

Hadir juga dalam acara kali ini perwakilan dari Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan, Hanafi yang menyampaikan materi berkaitan dengan informasi terkini kebijakan kredit program KUR serta arah kebijakan kedepannya. Dalam paparannya disebutkan bahwa akses KUR haruslah semakin mudah, sehingga masyarakat yang memerlukan pembiayaan untuk kemajuan usahanya dapat mengakses dengan mudah dan cepat.

Sinergi bersama antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah bersama dengan Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dalam mengawal keberlangsungan kredit program KUR diharapkan mampu mendorong optimalisasi dalam penyaluran KUR, sehingga pada akhirnya nanti perekonomian di Jawa Tengah semakin bertumbuh dan masyarakat Jawa Tengah semakin sejahtera serta mampu memberikan kontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Suparjito, Pegawai Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Kemenkeu RI

Leave a Reply

Your email address will not be published.