Categories
Ekonomi

Kanwil DJPb Jateng dan Unsoed sukses Laksanakan Peneliti Muda Berkontribusi untuk Negeri

wartasurakarta.com – Program Peneliti Muda Berkontribusi yang dilaksanakan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman merupakan aplikasi dari kebijakan Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi para mahasiswa/i untuk terjun langsung ke lapangan sebagai pembelajaran untuk persiapan paska lulus dari perkuliahan di kampus.

Program Peneliti Muda Berkontribusi (PMB) ini dilaksanakan selama satu semester dengan output akhir berupa skripsi yang merupakan produk khusus hasil penelitian di lapangan para mahasiswa yang mengikuti program PMB ini serta prosiding yang telah dipaparkan pada acara Call for Paper and National Conference 2022 yang mengusung tema ”Rural Tourism and Creative Economy to Develop Sustainable Wellness”. Seminar nasional ini telah dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Juli 2022 dengan penyelenggara dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Pada acara penutupan Program Peneliti Muda Berkontribusi (PMB) kerjasama antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah dan FEB Unsoed yang dilaksanakan pada hari Senin, 29 Agustus 2022, Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II, Bapak Ahmad Heryawan mewakili Plt. Kanwil DJPb Prov. Jawa Tengah, Bapak Taukhid menyampaikan bahwa program ini sangatlah bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat didalamnya. Bagi para pegawai Kanwil DJPb Prov. Jawa Tengah hal memberikan tambahan pengalaman literasi berkaitan dengan tugas pokok pekerjaan yang selama ini rutin dilaksanakan, bagi para Dosen memberikan pengalaman tentang praktik pelaksanaan tentang kebijakan fiskal dalam hal ini berkaitan dengan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa untuk dielaborasi dengan teori atau sisi ilmiahnya, sedangkan bagi para mahasiswa, program ini merupakan jembatan penghubung yang akan memberikan pengalaman dari sisi teoritis selama melaksanakan perkuliahan dengan dunia kerja dengan terjun secara langsung ke masyarakat, dalam hal ini pemerintah desa maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengelola DAK Fisik maupun Dana Desa.

Pihak dari Kampus FEB Unsoed yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Yudha Aryo Sudibyo, PhD menyatakan bahwa diperlukan effort yang cukup besar untuk mengawal dan mendorong keberlangsungn pelaksanaan program PMB ini, sehingga para mahasiswa mampu mengikuti setiap tahapan yang telah ditetapkan dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Sebagai bentuk pertanggungjawaban sekaligus menjaga kualitas proses pendidikan bagi para mahasiswa yang mengikuti program PMB ini, maka para mahasiswa wajib membuat skripsi sekaligus mengirimkan artikel ilmiahnya pada seminar nasional sebagaimana telah diterbitkan dalam prosiding berikut ini http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/myc/issue/view/150.

Adapun pegawai dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah yang terlibat langsung dalam pelaksanaan program ini baik mensupervisi maupun ikut menguji skripsi hasil penelitian para mahasiswa yang mengikuti program PMB ini diantaranya Wawan Setiawan, Meilena Sarmilasari, Ari Setyo Prihdiyanti, Werdha Candratrilaksita dan Suparjito.

Pihak Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah dan Fakultas Ekonomi & Bisnis Univbersitas Jenderal Soedirman sepakat untuk melanjutkan kembali program tersebut pada semester genap mendatang.

Suparjito, Pegawai Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Kemenkeu RI

One reply on “Kanwil DJPb Jateng dan Unsoed sukses Laksanakan Peneliti Muda Berkontribusi untuk Negeri”

Mantap Kanwil Jateng
Selamat untuk Bapak Taukhid Plt Kanwil Jawa Tengah
Selamat untuk Tim Bidang PPA II Kanwil DJPb Jateng
Bapak Ahmad Heryawan (Kepala Bidang PPA II)
Bapak Wawan Setiawan (Kepala Seksi PPA IIB)
Ibu Meilena Sarmilasari dkk yang telah berhasil mengawal berlangsungnya program PMB

Leave a Reply

Your email address will not be published.